Ajarkan Anak Salat

Salat merupakan kewajiban yang harus dipenuhi untuk umat islam. Hal ini juga menjadi sebuah keharusan bagi yang sudah balig, berakal, sehat. Saya sering melihat orang tua memaksa anaknya salat. Menurut saya hal itu tidak tepat, kita harus ajarkan pelan-pelan sejak dini. Jika kita ajarkan sejak kecil maka saat dewasa kelak sudah tertanam dalam benaknya. Akan lahir sebuah pemikiran tanggung jawab untuk mengerjakan kewajibannya.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengajarkan anak. Terutama dalam hal salat. Hal ini juga berkaitan dengan budaya, pengetahuan, dan lingkungan tempat anak tinggal. Karena setiap lokasi tentu berbeda caranya.

Tapi secara umum langkah-langkahnya adalah:

– Setiap kali salat, usahakan si kecil diajak, beri contoh mulai dari tepat waktu, gerakan, dan caranya
– Coba kita sebagai orang tua menjelaskan pentingnya salat kepada si kecil. Berikan penjelasan yang mudah diterima, dengan bahasa-bahasa yang santun dan ramah.
– Secara perlahan ajari anak salat yang benar, mengikuti sunnah, rukun, dan ketentuan dalam alquran serta hadist.
– Berikan senyuman, apresiasi, dan pujian kecil pada saat anak telah melakukan salat dengan baik.

Beberapa dari kita kurang memahami hal tersebut. Hanya sekedar memaksa, yang akhirnya anak salat bukan karena kesadaran ia sebagai muslim, melainkan takut kepada amarah orangtua. Terimakasih.

 

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai