Empat Amalan Sunnah Jum’at

Jum’at hari yang paling dimuliakan dalam Islam. Pada hari Jum’at dianjurkan untuk memperbanyak amal baik, karena di dalamnya terdapat banyak hikmah dan keutamaan. Syekh Zainuddin al-Malibari dalam kitab Fathul Mu’in menjelaskan ada beberapa amalan sunnah Jum’at yang bisa dilakukan. Di antaranya sebagai berikut:

Pertama, membaca surat al-Kahfi termasuk amalan sunnah Jum’at. Disunnahkan baca surat al-Kahfi pada siang hari Jum’at ataupun malamnya. Para ulama mengatakan, yang paling baik dibaca setelah shalat Shubuh. Selain surat al-Kahfi, membaca surat lainnya juga dianjurkan diperbanyak di hari Jum’at.

Kedua, memperbanyak baca shalawat Nabi, baik waktu siang ataupun malam. Dalam banyak riwayat disebutkan membaca shalawat sangat disunnahkan. Bahkan, di antara orang yang berhak mendapat syafaat Rasulullah di akhirat kelak adalah orang yang paling banyak bershalawat kepada Nabi Muhammad.

Ketiga, memperbanyak doa juga bagian dari amalan sunnah Jum’at.  Sebagai bukti ketundukan kita terhadap Yang Maha Kuasa adalah kita dianjurkan berdoa. Di antara waktu yang paling baik untuk berdoa adalah hari Jum’at. Dalam kitab Fathul Muin dijelaskan, disunnahkan berdoa, maksudnya memperbanyak doa pada siang hari dan malam hari Jumat. Adapun memperbanyak doa di siang hari harapannya agar sesuai dengan waktu ijabah.

Pendapat yang shahih tentang waktu ijabah adalah antara duduknya khatib sampai selesai shalat. Maksudnya bukan seluruh waktu, tapi hanya sebentar dari rentang waktu tersebut. Adapun terkait doa malam hari, Imam al-Syafi’i berkata, “Telah sampai hadits kepadaku bahwa doa diijabah pada malam Jumat dan ini bisa diqiyaskan dengan siang harinya.” Dianjurkan juga memperbanyak sedekah dan perbuatan baik pada malam dan siang hari Jumat.

Keempat, memperbanyak perbuatan baik, seperti sedekah, dan lain-lain.

Semoga kita diberi kesehatan dan kesempatan untuk melaksanakan empat amalan sunnah Jum’at di atas. Semoga hidup kita semakin berkah.

Mungkin Anda juga menyukai