Empat Amalan Yang Bisa Mendatangkan Ridha Allah S.W.T

Terdapat beberapa amalan yang bisa mendatangkan rida Allah Subhanahu wa ta’ala. Allah Ta’ala dengan sifat-Nya yang Maha Pemurah dan Maha Pengasih tentu tidak akan menyia-nyiakan amal kebaikan hambanya.

Adapun amalan perbuatan yang mendatangkan rida Allah Subhanahu wa ta’ala telah banyak dicontohkan para ulama terdahulu. Selain taat kepada Allah dan Rasul-Nya, mereka memiliki sifat pengasih kepada semua makhluk Allah.

Ulama kharismatik Mesir Syeikh Mutawalli Sya’rawi rahimahullah mengemukakan empat amal perbuatan yang bisa mendatangkan rida Allah Subhanahu wa ta’ala sebagaimana disiarkan @pena_tarim melalui media sosial Instagram kemarin:

1. Bila kamu melihat semut, maka janganlah kamu membunuhnya. Carilah dengan itu rida Allah, semoga Allah mengasihani kamu sebagaimana kamu mengasihaninya. Kamu ingatlah bahwa ia bertasbih kepada Allah, maka jangan engkau hentikan tasbih ini dengan membunuhnya.

2. Bila kamu melihat burung sedang minum air dari kolam, maka janganlah kamu lalu di sebelahnya sehingga menakutkannya. Biarkan ia dengan perasaan yang aman. Engkau carilah dengan itu rida Allah Subhanahu wa ta’ala, semoga Allah mengamankan kamu pada hari di mana, nyawa telah sampai di tenggorokan.

3. Bila kamu hendak mengalihkan kucing yang sedang mengganggu di tengah jalan, elakkan dari membuatnya terkejut. Carilah dengan itu rida Allah. Semoga Allah memelihara engkau dari kematian yang mengejut.

4. Bila engkau terpaksa membuang sisa atau bekas makanan, jadikanlah niat engkau hendak memberi makhluk lain makan. Carilah dengan itu rida Allah. Semoga Allah mengaruniakan engkau rezeki dari jalan yang tak disangka.

Bila engkau berniat menyebarkan perkataan ini, niatkanlah dengannya kebaikan, semoga Allah Subhanahu wa ta’ala melepaskan engkau dengannya kesusahan dari kesusahan dunia dan akhirat.

Oleh karena itu, buatlah kebaikan walau sekecil apa pun karena engkau tidak akan tahu amalan mana yang dapat memasukkan engkau ke surga Allah Subhanahu wa ta’ala seluas langit dan bumi.

Mudah-mudahan semua mendapat taufik sehingga digolongkan bersama orang-orang salih.

Wallahu a’lam.

Mungkin Anda juga menyukai