Bantuan Santunan Musa’adatul Ummah Al Ma’soem Untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al – Hikmah

  

Program peduli – MU merupakan salah satu program Musa’adatul Ummah yang bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada kaum dhuafa yang sifatnya memenuhi kebutuhan sesaat ( tanggap dan darurat ) yang salah satunya yaitu memberikan santunan kepada  Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al Hikmah, dimana untuk meringankan beban sesama muslim mempunyai keutamaan, sesuai dengan sabda Rasulullah, yang berbunyi :

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ  قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ  : « مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ، وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ اللَّهُ عَلَيْهِ فِى الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ » رواه مسلم

Dari Abu Hurairah  dia berkata: Rasulullah  bersabda: “Barang siapa yang membantu seorang Muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia, maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada Hari Kiamat. Dan barang siapa yang meringankan (beban) seorang Muslim yang sedang kesulitan, maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat” [HSR Muslim (no. 2699)].

Hadis yang agung menunjukkan besarnya keutamaan seorang yang membantu meringankan beban saudaranya sesama Muslim, baik dengan bantuan harta, tenaga maupun pikiran atau nasehat untuk kebaikan.

“Dalam hadis ini terdapat keutamaan menunaikan/membantu kebutuhan dan memberi manfaat  kepada sesama Muslim sesuai kemampuan, (baik itu) dengan ilmu, harta, pertolongan, pertimbangan tentang suatu kebaikan, nasehat dan lain-lain”

Beberapa faidah penting yang dapat kita petik dari hadis ini:

– Hadis ini menunjukkan makna sebuah kaidah besar dalam Islam, yaitu ‘al-jaza-u min jinsil ‘amal (Balasan yang didapat seorang hamba adalah sesuai dengan jenis perbuatannya) karena meringankan beban seorang Muslim berarti berbuat kebaikan kepadanya, dan balasan kebaikan adalah kebaikan yang semisalnya. Allah  berfirman:

{هَلْ جَزَاءُ الإحْسَانِ إِلا الإحْسَانُ}

“Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula)” (QS ar-Rahmaan: 60)

– Melakukan perbuatan yang menyebabkan bahagianya hati seorang Muslim adalah suatu kebaikan dan bernilai pahala, meskipun perbuatan tersebut dianggap sepele. Rasulullah  bersabda: “Janganlah sekali-kali engkau menganggap remeh suatu perbuatan baik, meskipun (perbuatan baik itu) dengan engkau menjumpai saudaramu (sesama Muslim) dengan wajah yang ceria”.

Rasulullah  bersabda: “Senyummu di hadapan saudaramu (sesama Muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu”

– Kesusahan dan penderitaan yang dialami manusia dalam kehidupan dunia sangat kecil, bahkan tidak ada artinya, jika dibandingkan dengan dasyatnya kesusahan pada Hari Kiamat, sebagaimana yang disebutkan dalam al-Qur’an dan hadis-hadis yang shahih. Oleh karena itu, barang siapa yang diringankan baginya kesulitan di Hari Kiamat, maka sungguh dia telah mendapatkan keberuntungan yang besar.

Semoga Allah ta’ala mengikhlaskan ucapan dan langkah-langkah kita untuk ikut serta meringankan beban dan derita yang dialami oleh saudara-saudara kita. Sesungguhnya Allah ta’ala Maha Mendengar lagi Maha Mengabulkan doa. Aamiin

Mungkin Anda juga menyukai