Donasi Kemanusiaan Untuk Korban Longsor di Sukabumi

             

Jelang awal tahun 2019, Indonesia kembali tertimpa bencana. Kali ini, bencana longsor menimpa Dusun Garehong, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Senin 31 Desember 2018 lalu.

  1. Kronologi terjadinya longsor di Sukabumi

hujan deras sudah menyebabkan terjadinya retakan di puncak bukit sejak 24 Desember 2018. Semakin banyaknya volume air yang tertahan, akhirnya membuat tanah tiba-tiba longsor pada 31 Desember lalu, karena tak lagi kuat menampung air.

Longsor menyusuri lereng karena gaya gravitasi. Panjang mahkota longsor sendiri ada 800 meter. Sementara itu, tebal longsor bervariasi, ada yang ketebalannya sampai 10 meter,” beber Sutopo.

  1. Wilayah yang longsor harusnya jadi hutan konservasi tapi dijadikan permukiman warga

Penyebab longsor sendiri secara umum adalah hujan dengan intensitas rendah, kemiringan lereng, dan material penyusun daerah terdampak adalah tanah yang mudah menyerap air.

Tipe longsoran di Sukabumi adalah longsor akibat faktor antropogenik. Jadi berdasarkan penelitian dan pemetaan BNPB, kawasan yang harusnya jadi wilayah hutan konservasi, tapi dijadikan permukiman warga

  1. Data korban selamat dan meninggal per 7 Januari 2019

Tercatat 30 rumah tertimbun dan rusak berat akibat longsor tersebut. Tidak hanya itu, dari 32 kepala keluarga yang terdampak longsor, 15 orang dinyatakan meninggal dimana 11 orang sudah teridentifikasi dan 4 lainnya belum, 20 orang belum ditemukan, 3 orang luka, dan 62 orang dinyatakan selamat.

Berkaitan dengan hal di atas, Musa’adatul Ummah Al Ma’soem bermaksud untuk mengajak segenap rekan – rekan yang memiliki kemampuan, untuk membantu kesusahan yang sedang dialami saudara-saudara kita yang terkena bencana alam longsor Sukabumi. Rekan – rekan yang ingin memberikan donasinya, dapat menyalurkannya melalui rekening :

 

  • BPR Syariah Al Ma’soem dengan Nomor Rekening 002100016964
  • Bank Mandiri Syariah dengan Nomor Rekening 7888113341
  • Bank BNI Syariah dengan Nomor Rekening 0388732250

Semoga Allah ta’ala mengikhlaskan ucapan dan langkah-langkah kita untuk ikut serta meringankan beban dan derita yang dialami oleh saudara-saudara kita di Sukabumi. Sesungguhnya Allah ta’ala Maha Mendengar lagi Maha Mengabulkan doa. Aamiin

 

Mungkin Anda juga menyukai