Donasi Kemanusiaan Untuk Korban Bencana Alam di Palu dan Donggala

Ketika gempa bumi terjadi, ada beberapa analisa yang dikaitkan dalam mencari penyebab terjadinya yakni karena ujian dari Allah dan gejala alam yang biasa terjadi.

bumi ini khususnya Indonesia berada pada bagian bumi yang rawan gempa. Kemudian merujuk pada hukum alam yang sudah menjadi ketetapan Allah bahwa bumi ini mengandung segala hikmah dan manfaat termasuk pergerakan gunung dan lapisan dalam bumi, maka Allah berfirman dalam QS. Al-Naml : 27 yaitu

“Dan kamu  sangka gunung-gunung itu tetap ada di tempatnya, padahal gunung-gunung itu bergerak seperti awan yang bergerak. Allah telah membuat segala sesuatu dengan kokoh. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Dan kita pun kembali di rundung berita duka dari sodara kita yang ada di Sulawesi Tengah tepat nya di Palu dan Donggala, gempa pertama kali mengguncang Donggala pukul 14.00 WIB. Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 6 dengan kedalaman 10 km. Setelah itu, gempa kembali terjadi pukul 17.02 WIB dengan kekuatan yang lebih besar, yaitu magnitudo 7,4 dengan kedalaman yang sama, 10 km di jalur sesar Palu Koro.

Gempa ini adalah gempa yang dangkal akibat jalur sesar Palu Koro yang dibangkitkan oleh deformasi dengan mekanisme pergerakan struktur sesar mendatar miring, dan gempa ini berpotensi memicu tsunami,”

Ketika terjadi warning tsunami, BMKG menyatakan pada pukul 17.02 dengan status Siaga dan Waspada. Arti status Siaga, tinggi tsunami adalah 0,5-3 meter untuk di pantai barat Donggala. sedangkan Waspada, kurang dari setengah meter Kota Palu bagian barat,”

tsunami benar-benar terjadi pada pukul 17.22 WIB. Berdasar data BNPB, ketinggian tsunami ada yang mencapai 6 meter. Akibat dari gempa dan tsunami tersebut banyak sodara kita yang meninggal dunia, kehilangan sanak sodara dan harta bendanya.

Berkaitan dengan hal di atas, Musa’adatul Ummah Al Ma’soem bermaksud untuk mengajak segenap rekan – rekan yang memiliki kemampuan, untuk membantu kesusahan yang sedang dialami saudara-saudara kita yang terkena bencana alam gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Rekan – rekan yang ingin memberikan donasinya, dapat menyalurkannya melalui rekening :
  • BPR Syariah Al Ma’soem dengan Nomor Rekening 002100016964
  • Bank Mandiri Syariah dengan Nomor Rekening 7888113341
  • Bank BNI Syariah dengan Nomor Rekening 0388732250

Semoga Allah ta’ala mengikhlaskan ucapan dan langkah-langkah kita untuk ikut serta meringankan beban dan derita yang dialami oleh saudara-saudara kita di Palu dan Donggala. Sesungguhnya Allah ta’ala Maha Mendengar lagi Maha Mengabulkan doa. Aamiin

Mungkin Anda juga menyukai